Laporan PPL

LAPORAN INDIVIDUAL PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN

DI SMP NURUL AMAL PALEMBANG

TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Diajukan untuk melengkapi salah satu syarat penyelesaian PPL II

Disusun oleh :

Ikbal Simamora

NIM 2006 121 180

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

 

UNIT PELAKSANA TEKNIS PROGRAM PENGLAMAN LAPANGAN

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA

PALEMBANG

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan individu kegiatan program pengalaman lapangan (PPL II) di SMP Nurul Amal Palembang, yang dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2010 sampai dengan 24 April 2010. untuk memenuhi tugas sebagai calon guru/pendidik dalam mata pelajaran matematika semester genap kelas tujuh tahun pelajaran 2009/2010.

DISUSUN OLEH :

NAMA                           : Ikbal Simamora

NIM                               : 2006 121 180

JURUSAN                     : PENDIDIKAN MIPA

PROGRAM STUDI      : PENDIDIKAN MATEMATIKA

Palembang,     April 2010

Dosen Pembimbing PPL,                                                                   Guru Pamong

A. Zamhari, S. Pd, MM                                                         Milson, S. Pd

Mengetahui,

Kepala SMP Nurul Amal Palembang

Satugi, A. Md

 

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Program Pengalaman Lapangan (PPL) II ini tepat pada waktunya. Penulis melaksanakan PPL II di SMP Nurul Amal Palembang terh I tung dari tanggal 1 februari 20010 sampai dengan 24  April 2010. penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, baik mengenai materi maupun penyajiannya. Oleh karena itu, mengharapkan kritik dan saran dari pembaca. Atas segala bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak dalam pelaksanaan PPL II ini, maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat :

1.         Bapak Dr. H. Syarwani Ahmad, M.M. selaku Rektor Universitas PGRI Palembang

2.         Bapak Drs. Bukman Lian, M.M.,M.Si selaku DEKAN FKIP Universitas PGRI Palembang.

3.         Bapak Drs. Magdad Hatim, M.Hum selaku Kepala Pembantu DEKAN I Universitas PGRI Palembang.

4.         Ibu Dra. Nur Ahyani, M. Pd selaku Kepala Subag PPL atau Micro Teaching Universitas PGRI Palembang.

5.         Bapak A. Zamhari, S. Pd.,M.M selaku Dosen Pembimbing Program Pengalaman Lapangan II.

6.         Bapak Satugi, A. Md selaku Kepala SMP Nurul Amal Palembang

7.         Bapak Milson, S. Pd seklaku Guru Pamong.

8.         Seluruh staf Guru SMP Nurul Amal Palembang

9.         Seluruh staf Tata Usaha SMP Nurul Amal Palembang.

10.     Rekan-rekan PPL II di SMP Nurul Amal palembang.

11.     Semua pihak yang telah membantu penulisan laporan ini dan seluruh siswa SMP Nurul Amal Palembang.

Semoga bimbingan serta bantuan yang telah bapak dan ibu berikan mendapat imbalan dari ALLAH SWT.

Akhirnya dengan segalah kekurangannya, penulis berharap semoga laporan ini bermanfaat bagio kita semua.

Wassalamuallaikum Wr. Wb.

 

Palembang,       April 2010

 

 

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL                         ………………………………………..

HALAMAN PENGESAHAN           ………………………………………..

KATA PENGANTAR                       ………………………………………..

DAFTAR ISI                                      ………………………………………..

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang                   ………………………………………..

1.2 Masalah     ………………………………………..

1.3 Ruang Lingkup       ………………………………………..

1.4 Tujuan ………………………………………..

BAB II LAPORAN KEGIATAN PPL II DI SMP NURUL AMAL PLG

2.1 Penyusunan Rancangan Pembelajaran …………………………….

2.2 Proses Penampilan ………………………………………..

2.3 Proses Bimbingan ………………………………………..

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan ………………………………………..

3.2 saran                      ………………………………………..

LAMPIRAN

 

 

 

 

 

BAB I

PANDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang

Pendidikan mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia terutama dalam era globalisasi saat ini dimana setiap orang tidak ada lagi yang tidak sekolah, tanpa pendidikan manusia dapat menjadi individu yang kurang terarah. Pendidikanini dapat berupa pendidikan formal ataupun nonformal. Dalam pendidikan formal dapat dikenal seorang guru yang berperan serta dalam dunia pendidikan tersebut. Guru memegang peran yang cukup berat. Ia bukan hanya menjadi mediator bagi para sisa dalam memperoleh pengetahuan tapi juga membentuk pribadi individu yang berprilaku baik, berpengetahuan yang luas, berakhlak mulia, bahkan menjadi sarana dalam menyelesaikan masalah yang mmungkin sulit diselesaikan oleh siswa. Dilihat dari hal ini betapa banyak peran guru dalam dunia pendidikan, jadi sangat wajar sekali kalau seorang guru wajib kita hormati.

Untuk hal itu, Universitas PGRI Palembang berusaha membentuk individu mahasiswa calon guru yang nantinya akan ikut berperan serta dalam menciptakan generasi bangsa yang berkompetensi dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan dalam hal ini juga kegiatan PPL II ini diadakan untuk melatih para mahasiswa dalam menghadapi dunia pendidikan yang sebenarnya karena mungkin selama ini mereka belum pernah memegang peran sebagai seorang guru yang sebenarnya.

Program Pengalaman Lapangan Dua (PPL II) ini merupakan kegiatan intrakulikuler yang dilakukan mahasiswa khususnya mahasiswa Universitas PGRI Palembang, dlaam pelatihan ini mahasiswa benar-benar mengajar para siswa dan memberikan materi layaknya seorang guru. Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana.

 

 

 

1.2 Masalah

Masalah yang mungkin dihadapi saat pelaksanaan kegiatan ini adalah perassaan gugup yang sangat mungkin dihadapi oleh semua mahasiswa sebagai pemula saat bertatapan langsung dengan para siswa yang mungkin beraneka ragam watak dan prilaku dan  beraneka ragam pula tindakan dan teknik yang harus dilakukan.

 

1.3 Ruang Lingkup

Ruang lingkup kegiatan Program Pengalaman Lapangan Dua (PPL II) ini mempunyai ruang lingkup yang cukup luas, salah satunya pribadi calon guru atau pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai, sikap, dan pola tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta cakap atau mampu serta tepat dalam menggunakannya pada penyelenggaraan pendidikandan pengajaran diseolah ataupun diluar sekolah.

 

1.4 Tujuan

Program Pengalaman Lapangan Dua (PPL II) ini bertujuan untuk melatih para mahasiswa calon guru dalam profesi keguruan dan profesi pendidikan lainnya sehingga mereka mampu mengembangkan diri sesuai dengan tujuan perkembangan pendidikan. Dalam hal ini juga dapat dijadikan pengalaman bagi para mahasiswa dalam aplikasi yang sesungguhnya nantinya. Setiap masalah yang muncul dapat dijadikan pelajaran dan momen tersendiri bagi seorang mahasiswa karena setiap kejadian dapat dijadikan panduan kita saat melangkah menuju suatu tujuan dalam hal ini tujuan utama adalah dunia pendidikan yang sangat akrab dengan permasalahan watak siswa, masalah administrasi pembelajaran yang semua itu memerlukan perjuangan yang tidak mudah. Dalam hal ini yang paling penting adalah meluruskan niat untuk mencapai seorang guru, seorang pendidik yang profesional yang akan menjadi seorang pahlawan bagi seorang individu.

 

BAB II

LAPORAN KEGIATAN PPL II DI SMP NURUL AMAL PALEMBANG

2.1 Penyusunan Rancangan Kegiatan Pembelajaran

Dalam proses penyusunan rancangan kegiatan pembelajaran tidak begitu banyak mangalami hambatan, hal ini karena bimbingan dari guru pamong dan guru mata pelajaran yang bersangkutan yang telah dengan tulusnya memberikan bimbingan dan arahan dalam penyusunan rancangan pembelajaran ini. Dalam laporan ini penyusunan rancangan pelaksanan pembelajaran ini dilampirkan dari yang pertama sampai yang terakhir.

2.2 Proses Penampilan

Proses penampilan yang pertama banyak sekali yang dihadapi seperti perasaan gugup saat berhadapan dan menyampaikan materi kepada para siswa, selain itu juga pengendalian terhadap siswa yang tidak mendukung kondisi dalam proses belajar mengajar itu semua membutuhkan kesabaran yang tinggi.

 

2.3 Proses Bimbingan

2.3.1 Proses Bimbingan Dengan Guru Pamong

Proses bimbingan dengan guru pamong tidak mengalami banyak masalah dalam berkonsultasi dan tukar pikiran. Dalam proses ini saya selaku mahasiswa merasa terbimbing dengan baik dengan semua masukan dan arahan dari guru pamong tersebut. Ia pun mengarahkan apa yang harus dilakukan terhadap siswa yang mungkin tidak mendukung kondisi agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Program Pengalaman  Lapangan Dua (PPL II) sangat berperan bagi para calon guru. PPL II ini merupakan sarana untuk mengembangkan ilmu para calon guru yang mereka peroleh dari bangku kuliah, selain itu melatih mahasiswa untuk mengenali bagaimana situasi sekolah, siswa dan para guru, dalam hal dunia pendidikan yang sesungguhnya karena situasi inilah yang akan mereka  hadapi ketika mereka mengabdikan diri mereka dalam masyarakat dan dunia pendidikan yang tujuannya adalah ingin membentuk generasi penerus bangsa yang sangat kita cintai ini, generasi yang akan membangkitkan bangsa kita yang sempat terpouruk ini.

Dengan adanya PPL II ini diarapkan mahasiswa calon guru akan lebih terlatih dan dapat menjadi seseorang guru yang profesional dan bertanggung  jawab, selain itu dapat membawa wawasan para mahasiswa. Setelah pelaksanaan PPL II ini khususnya di SMP Nurul Amal Palembang ini penulis dapat memberikan kesimpulan akhir bahwa untuk menjadi seorang guru yang profesional cukup sulit hal ini dapat dirasakan ketika mengahadapi kondisi dunia pendidikan yang sesungguhnya, selain tiu dilihat dari segi situasi disekolah tempat pelaksanaan PPL II kondisi dan situasi cukup baik apalagi sekolah ini memiliki status yang sangat tinggi dan Setiap Siang siswa dibiasakan disiplin terhadap jam masuk sekolah, ini memberikan bimbingan kepada siswa agar dapat tepat waktu dan mentaati peraturan atau tat tertib yang berlaku.

 

 

 

 

 

 

3.2 Saran

Tidak banyak yang di sampaikan dalam hal ini mungkin yang perlu di sampaikan hanya peningkatan kerja sama mahasiswa PPL II dengan pihak sekolah belum berjalan dengan baik sehinga masih terasa kaku kemudian sikap toleransi universitas PGRI Palembang terhadap mahasiswa yang sedang PPL II karena ada kegiatan kampus yang tidak imbang dengan kegiatan PPL II ini, selain hal ini mungkin kepedulian universitas terhadap masalah yang dihadapi oleh mahasiswa saat pelaksanaan PPL II perlu di tingkatkan lagi karena hal ini berguna bagi kelancaran PPL II tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: